Edukasi Lingkungan Membangun SDM Kompeten

Edukasi Lingkungan Membangun SDM Kompeten

Edukasi Lingkungan Membangun SDM Kompeten

 

 

Saat ini dunia sedang menghadapi masalah lingkungan yang serius. Terdapat sembilan masalah lingkungan yang utama, yang kita hadapi seperti perubahan iklim global, pengelolaan limbah, kelangkaan air, ledakan penduduk, menipisnya sumber daya alam, kepunahan tumbuhan dan hewan, kerusakan habitat alam, peningkatan polusi dan kemiskinan.

Kondisi lingkungan yang sungguh memprihatinkan dan dari waktu ke waktu terus mengalami penurunan, serta gejala-gejala alam yang menunjukkan hal itu telah nampak semakin jelas. Semakin tingginya suhu bumi dan musim yang sulit untuk diprediksi merupakan contoh gejala yang kita rasakan dari semakin rusaknya lingkungan bumi. Bencana banjir yang silih berganti menerjang wilayah Indonesia pada umumnya

Pendidikan lingkungan hidup berperan penting dalam pelestarian dan perbaikan lingkungan di dunia, dalam mewujudkan hidup yang berkelanjutan. Sebuah tujuan dasar dari Edukasi lingkungan adalah untuk membuat individu dan masyarakat memahami sifat kompleks alam dan lingkungan dibangun dihasilkan dari interaksi aspek biologi, fisik, sosial, ekonomi, dan budaya mereka, dan memperoleh  pengetahuan, nilai-nilai , sikap, dan keterampilan praktis untuk berpartisipasi dalam cara yang bertanggung jawab dan efektif dalam mengantisipasi dan memecahkan masalah lingkungan, dan dalam pengelolaan kualitas lingkungan.

Pentingnya Edukasi lingkungan hidup untuk hidup yang berkelanjutan sehingga pendidikan lingkungan hidup harus diterapkan dimasyarakat mulai dari usia dini.

Modal utama dalam mengedukasi masalah lingkungan hidup jangan pernah bosan dan jangan mudah menyerah. Tantangan saat ini dalam mengedukasi masyarakat dan anak-anak untuk lebih peka terhadap masalah lingkungan hidup diantarnya: kurangnya edukasi lingkungan dari orang tua si anak, masyarakat masih belum sadar terhadap masalah lingkungan.

Dalam mengedukasi  suatu masyarakat khususnya anak-anak usia dini, harus adanya dukungan dari orang tua anak itu sendiri.

Dalam hal ini maka Masyarakat khususnya orang tua haruslah lebih bersemangat dalam mempelajari tentang lingkungan hidup dalam lingkup keluarga. Yang nantinya pasti akan diikuti/ditiru oleh si anak.

 

Begitu pentingnya Edukasi Lingkungan didalam pelestarian dan perbaikan lingkungan Indonesia. Learning Center ExcellencIA (Excellence Indonesia) pun membuat program Edukasi Lingkungan yang dapat menjadi wadah pembelajaran mengenai lingkungan dan menjadikan sdm kompeten dengan hidup sehat tanpa sampah.

Tujuan dari program tersebut adalah untuk membangun kesadaran masyarkat akan pentingnya hidup sehat dan mengelola sampah rumahan menjadi asset dalam kehidupan ini.

Membuat masyarakat sadar bahwa sampah yg kita peroleh dari diri kita sendiri sbnrnya memiliki banyak manfaat bagi diri kita untuk menjadi manusia yang sehat.

 

Manfaat edukasi lingkungan :

1.   Untuk mengetahui keuntungan dari lingkungan disekitar kita

2.   untuk membantu memilah baik dan buruknya tindakan kita terhadap lingkungan

3.   untuk membuat lingkungan terjaga dari globalisasi yang kian memanas

4.   untuk membuat kita tau akan kegunaan yang ada dilingkungan kita

 

Mari belajar lingkungan bersama untuk menjaga lingkungan hidup untuk generasi-generasi penerus bangsa.

Untuk Info lebih lanjut

Facebook : Edukasi Peduli Lingkungan ExcellencIA

Group FB : Edukasi Peduli Lingkungan ExcellencIA

Instagram : EdukasiLingkunganBersama

 



Bagikan Post


Komentar

    Belum Ada Komentar


Tambahkan Komentar

Facebook

Twitter