Peran Media Sosial Untuk Perusahaan

Peran Media Sosial Untuk Perusahaan

 Peran Media Sosial Untuk Perusahaan

 

Apa-Itu-Akta-Pendirian-Perusahaan.jpg


Pentingnya Media sosial untuk Perusahaan sama halnya dengan Sumber daya manusia (SDM) dengan kompetensi (memiliki knowledge, skill dan attitude) dengan karakter positif, berdedikasi, dan dapat memberikan kontribusi positif kepada perusahaan adalah aset yang sangat penting dalam usaha bisnis Anda.

Pimpinan perusahan harus harus memiliki program yang berkelanjutan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh SDM perusahaan, agar setiap personel bisa menjadi bagian solusi tantangan bisnis dan dapat mencapai target yang diinginkan serta Media masa untuk profil perusahaan dan mengenalkan produk kepada masyarakat.

Pengembangan SDM dan Media Sosial dalam perusahaan adalah salah satu priotitas penting untuk kemajuan perusahaan di era kompetisi global, saat ini.

Dengan inovasinya yang terus berkembang, penggunaan media sosial pun kini bukan lagi sebagai ajang untuk ekspresi diri. Bahkan, Anda dapat menemukan manfaat media sosial bagi perkembangan bisnis Anda. Berikut manfaat media sosial dalam mengembangkan bisnis yang perlu Anda ketahui.

1. Media promosi

Promosi melalui media sosial bukan lagi hal yang baru. Baik bagi Anda, para pebisnis maupun bagi pengguna media sosial pada umumnya. Manfaat media sosial yang satu ini memang sudah dilakukan sejak lama, tetapi bukan berarti Anda terlambat melakukannya. Untuk menerapkan manfaat media sosial sebagai media sosial sebagai tempat untuk mempromosikan bisnis Anda bukanlah hal yang terlambat dilakukan karena jumlah penggunanya kini semakin meluas.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai promosi di media sosial meliputi pengenalan produk, memberikan informasi kepada calon pelanggan, dan juga mengabarkan promosi yang sedang dijalankan. Misalnya, Anda dapat memberikan informasi penggunaan produk dan diskon yang sedang diberikan. Anda pun dapat berinteraksi langsung dalam hal ini. Dengan cara promosi yang lebih mudah dan murah, Anda kini dapat mempromosikan bisnis Anda tanpa khawatir dengan batasan seperti jarak, waktu, dan dana yang digunakan.

 

2. Melihat selera pasar

Salah satu manfaat dari media sosial bagi perkembangan bisnis yakni memberikan kemampuan untuk melihat selera pasar. Melalui kebiasaan yang pelanggan Anda lakukan di media sosial, dapat terlihat bagaimana selera mereka berubah seiring dengan perkembangan waktu. Bahkan, tanggapan pelanggan atau masyarakat terhadap sesuatu yang baru ini pun dapat Anda lihat.

Hal ini tentu saja dapat memberikan keuntungan bagi Anda, para pebisnis. Sebab, Anda akan mendapatkan pengetahuan mengenai produk apa yang akan disukai oleh pelanggan serta bagaimana cara promosi yang disukai oleh pelanggan Anda. Tentu saja, hal ini akan memudahkan Anda untuk berinovasi baik dalam strategi dan juga dalam produksi.

 

3. Memberikan pengalaman lebih bagi pelanggan

Bisnis bukan hanya tentang bagaimana sebuah produk baik itu barang maupun jasa jatuh ke tangan konsumen, tetapi juga tentang before dan after sales. Saat-saat inilah yang sebenarnya penting bagi para pelanggan Anda. Nah, dalam hal inilah manfaat media sosial dapat dirasakan oleh seorang pebisnis.

Dengan menciptakan pengalaman yang lebih bagi pelanggan, misalnya dengan berkomunikasi melalui customer service¸ melihat deskripsi barang, mengecek pengiriman, hingga melakukan pemberian rating kepada barang yang telah dibeli.

4. Kesempatan untuk melihat kompetitor

Melihat apa yang dilakukan oleh kompetitor bisnis Anda, kini dapat dilakukan dengan mudah melalui adanya manfaat media sosial. Hanya perlu melirik sejenak ke akun media sosial kompetitor, Anda akan mendapatkan informasi mengenai cara promosi, penawaran, serta inovasi baru yang dilakukan. Adanya kemudahan ini justru akan melatih Anda untuk semakin jeli membuka peluang dengan menghadirkan inovasi yang tidak kalah dengan kompetitor Anda. Salah satunya adalah dengan kecepatan penyediaan barang.

 

5. Target penjualan yang jelas

Manfaat media sosial lainnya bagi perkembangan bisnis yakni Anda tidak perlu repot untuk “mengerucutkan” pasar dan mengeluarkan biaya serta usaha untuk menawarkan barang kepada audiens yang tidak cocok dengan produk. Misalnya, Anda akan menawarkan perlengkapan sekolah yang unik. Dengan bantuan media sosial, Anda dapat langsung menawarkan produk perlengkapan sekolah tersebut kepada siswa sekolah dengan bantuan media sosial. Begitu juga dengan pasar lainnya, dengan target penjualan yang pas, Anda pun dapat menghemat biaya untuk memasang iklan dan melakukan promosi, bukan?

 

Womanshine Indonesia & Excellence Indonesia ( ExcellencIA) Learning Center, mengajak semua Business Leader untuk bersama membangun kualitas SDM Indonesia Kompeten


Bagikan Post


Komentar

    Belum Ada Komentar


Tambahkan Komentar

Kategori
Artikel Populer
Cara membuat Eco-Enzyme di rumah Jum'at, 21 Agustus 2020
Jasa Sewa Zoom ExcellencIA Senin, 11 Januari 2021
Sekolah Penulis Selasa, 13 Oktober 2020
Event Terdekat

Tidak Ada Event Terdekat

Facebook

Twitter