Perempuan Berperan Penting dalam Ketahanan Keluarga Menurut Woman Shine

Perempuan Berperan Penting dalam Ketahanan Keluarga Menurut Woman Shine

Perempuan Berperan Penting dalam Ketahanan Keluarga


mother-with-children-playing-summer-park_1157-20956.jpg

PERAN perempuan sangat besar dalam menentukan pembangunan nasional. Perempuan, memainkan peran kunci menjadi agen perdamaian dan melakukan penguatan keluarga.
Di zaman era globalisasi ini kesempatan terbuka lebar bagi warga negara untuk memperoleh kesempatan yang sama dalam segala bidang, baik itu kaum laki-laki maupun kaum perempuan’ Jumlah kaum perempuan khususnya di Indonesia lebih banyak daripada jumlah kaum laki-laki dari total penduduk.
 Dengan jumlah perempuan yang demikian besar maka potensi perempuan perlu lebih diperhatikan dan diberdayakan sebagai pelaku untuk berkonstribusi dalam pembangunan bangsa kita. Perempuan sebagai hamba Allah yang lemah, memiliki peran amat besar dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Tanpanya kehidupan tidak akan berjalan semestinya. Sebab perempuan adalah pencetak generasi baru. Apabila di muka bumi ini hanya dihuni oleh kaum laki-laki saja kehidupan mungkin sdh terhenti beribu-ribu abad yang lalu. Oleh sebab itu, perempuan tidak bias diremehkan dan diabaikan karena dibalik semua keberhasilan dan kontinuitas kehidupan di situ ada perempuan.. 
Peranan perempuan dalam keluarga sangat penting. Perempuan merupakan banteng utama dalam keluarga. Peningkatan kualitas sumber daya manusia dimulai dari peran perempuan dalam memberikan pendidikan kepada anaknya sebagai generasi penerus bangsa. Keluarga merupakan awal pendidikan dasar. Dengan demikian jika dikelompok terkecil (keluarga) sudah bagus nanti akan merambah ke lingkungan masyarakat dan bangsa.
Peran Perempuan Di Dalam Keluarga
charming-young-mother-has-fun-with-her-little-sons-lying_8353-8550.jpg
Ibu merupakan sosok yang tidak bisa dihilangkan dalam sebuah keluarga. Peran aktif orang tua merupakan sebuah usaha yang secara langsung dalam memberikan sosialisasi terhadap anak dan juga menciptakan lingkungan. Rumah sebagai lingkungan sosial pertama yang dijumpai oleh anak. Keluarga merupakan tempat pertama anak dilahirkan di dunia dan menjadi tempat bagaimana anak belajar dalam berkehidupan, yaitu dari awal cara makan sampai anak belajar hidup dalam masyarakat.. 
Keluarga menjadi hal yang sangat penting dan membawa anak untuk menjadi seorang individu yang baik. Keluarga merupakan pusat pendidikan yang pertama dan terpenting. Keluarga sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan anak. Peranan orang tua bagi pendidikan anak adalah memberikan dasar pendidikan, sikap, dan keterampilan dasar seperti budi pekerti, sopan santun, estetika, kasih sayang, rasa aman, dasar-dasar mematuhi peraturan dan menanamkan kebiasan- kebiasaan yang baik. Pentingnya peranan orang tua dalam pendidikan anak telah disadari oleh banyak pihak. Mengasuh, membina, dan mendidik anak di rumah merupakan kewajiban bagi setiap orang tua dalam usaha membentuk pribadi anak. 
Sosialisasi menjadi sangat penting dalam pembentukan kepribadian anak. Lewat sosialisasi yang baik, anak merasa diperhatikan oleh orang tuanya sehingga dia mempunyai suatu motivasi dalam membentuk kepribadian yang baik. Keluarga sangat berpengaruh besar terhadap sosialisasi anak. Ibu merupakan sosok utama yang memegang peranan penting dalam sebuah keluarga. Ibu memiliki banyak peranan dan mampu melakukan banyak hal untuk kebutuhan semua anggota keluarga. Ibu adalah sosok seorang super women yang mampu melakukan banyak hal termasuk memasak, mengasuh anak, mendidik, menata rumah, dan banyak hal lainnya. 
Begitu banyaknya peran Ibu tidak bisa dideskripsikan seberapa hebat sosok seorang Ibu tersebut. Seorang Ibu juga memberikan keseimbangan dalam sebuah keluarga. Kedudukan perempuan dalam kelurga dan masyarakat perlu dipelihara dan ditingkatkan sehingga dapat memberikan sumbangan yang sebesar-besarnya bagi pembngunan bangsa dengan memperhatikan kodrat serta harkat dan martabat (Achmad, 1994). 
 1. Peran ibu sebagai seorang manajer keluarga 
adalah Ibu memiliki wewenang dalam semua hal yang terjadi dalam keluarga. Dalam hal ini ibu juga bertugas menyatukan anggota keluarga dan menyelesaikan masalah yang ada, serta mengatur segala kebutuhan perencanaan, penyelesaian masalah keuangan dan sebagainya. Masalah keluar masuknya uang menjadi tanggung jawab ibu. Oleh karena itu, ibu harus bisa mengendalikan keuangan keluarga. 
2. Peran Ibu sebagai seorang pendidik. 
Pendidikan yang dimaksud adalah apa yang diajarkan oleh seorang Ibu kepada anaknya. Ibu sebagai sekolah pertama bagi anak karena pendidikan anak dimulai di dalam keluarga. Dari ibulah seorang anak belajar mengenal segala hal baru dalam hidupnya. Anak mulai belajar berbicara, makan, minum, bergaul, atau bersosialisasi dengan ibu. Ibu juga paling mengerti karakter anak sehingga mampu memberikan  pendidikan yang sesuai. Di samping itu, Ibu sebagai pilar utama dalam proses pendidikan bagi anaknya. Prestasi dan kesuksesan anak sangat berkaitan erat dengan peran ibu sebagai sekolah pertama bagi anaknya. 
3. Peran ibu  sebagai psikolog bagi anak dan keluarganya. 
Ibu menjadi psikolog yang memperhatikan tumbuh kembangnya anggota keluarganya mulai dari tumbuh kembang kejiwaan karakteristik, perilaku yang dilakukan oleh setiap anggota keluarganya. Ibu dapat dijadikan tempat mencurahkan keluh kesah bagi anak. Ibulah yang seharusnya memberikan rasa aman bagi anak-anaknya. 
4.  Peran ibu sebagai perawat
 merupakan sosok yang paling peduli tentang kesehatan anggota keluarganya. Ibu selalu memberikan yang terbaik untuk menjaga kesehatan keluarganya. Ibu memberikan nutrisi yang cukup agar anggota keluarganya tidak jatuh sakit. Ibu selalu berusaha agar anaknya selalu bisa hidup sehat dan bahagia. 
5. Peran Ibu sebagai seorang koki. 
Ibu berperan menghidangkan makanan yang enak dan sehat untuk keluarga setiap hari. Ibu yang harus memilihkan makanan yang cocok untuk keluarganya. Ibu ibaratnya sebagai seorang koki atau chef yang harus bisa sekreatif mungkin ketika sedang memasak di dapur. Ibu akan memutar otaknya untuk memasak menu yang enak, lezat, dan bergizi, untuk para anggota keluarganya. Mulai dari sarapan, makan siang, hingga makan malam, semua dimasak oleh ibu dengan penuh rasa cinta agar gizi anggota keluarganya selalu terpenuhi. 
6. Peran Ibu sebagai pelindung. 
Ibu sebagai pelindung baik secara fisik maupun mental dan emosional. Ibu sebagai pelindung mental dan emosi siap mendengarkan cerita kehidupan tiap anggota keluarganya dan memberikan masukan positif yang selalu berisi dukungan dan nasehat. Ibu selalu melindungi anak dari tindakan-tindakan yang tidak baik sehingga anak merasa aman dan terlindungi. 
7.  Peran Ibu  sebagai panutan. 
Ibu merupakan sosok panutan yang selalu kuat. Ibu juga menanamkan nilai-nilai keagamaan dan nilai kemanusiaan pada anak. Sosok Ibu yang baik memberikan panutan yang positif pada anak untuk meniru perbuatan baik tersebut. 
8. Peran Ibu sebagai akuntan 
adalah Ibu mengatur semua pemasukan dan pengeluaran dalam rumah tangga.
9. Peran Ibu sebagai motivator keluarga,
 Ibu selalu memberikan dukungan pada setiap anggota keluarganya selama hal tersebut dinilai positif. Peran sebagai dokter keluarga, Ibu selalu mengetahui tanda-tanda anggota keluarganya yang akan sakit. Ibu akan memberikan obat yang terbaik untuk anggota keluarganya. 
10. Ibu sebagai fashion designer 
memperhatikan tentang apa yang sedang dikenakan oleh semua anggota keluarganya. Ibu memperhatikan pakaian yang dipakai oleh anak dan suaminya sudah sesuai atau sudah cukup bersih. Di samping itu, Ibu juga mampu mengatur pembagian ruangan rumah, tata letak interior yang sesuai. Ibu juga mengenal dengan baik kebutuhan dalam rumah tangga dan kebutuhan setiap anggota keluarganya yg disebut sebagai sekretaris keluarga. 
11.  Peran Ibu sebagai ahli perbaikan dan sebagai sahabat 
adalah Ibu seorang perempuan yang bisa melakukan banyak hal yang seharusnya dilakukan oleh laki-laki. Ibu bisa memperbaiki berbagai macam barang rusak atau menemukan solusi untuk perawatan perabotan rumah tangga.Ibu juga bisa mendengarkan dengan baik keluhan atau curhatan dan memberikan masukan yang positif yang membangun. Hal tersebut mencerminkan Ibu berperan sebagai sahabat. 
12. Peran Ibu sebagai event organizer 
adalah Ibu mampu menangani jenis acara keluarga baik acara resmi maupun acara jalan-jalan. Sedangkan Ibu sebagai pegawai teladan adalah Ibu merupakan sosok yang bisa menangani banyak hal secara bersamaan. 
13. Ibu sebagai penjaga kebersihan 
adalah Ibu mengawasi setiap sudut rumah dan tingkah laku anggota keluarganya yang tidak menjaga kebersihan. 
14. Peran Ibu sebagai parner dan sebagai superhero
 adalah Ibu sebagai partner dari ayah yang kompak untuk segala keputusan yang terkait dengan anak, keluarga,rumah dan lainnya. Peran Ibu yang terakhir adalah sebagai superhero. Ibu mempunyai segala macam kemampuan yang dimiliki sehingga menjadikannya seorang superhero. Ibu adalah wanita super yang berjuang untuk keluarganya. 


Bagikan Post


Komentar

    Belum Ada Komentar


Tambahkan Komentar

Kategori
Artikel Populer
Jasa Sewa Zoom ExcellencIA Senin, 11 Januari 2021
Cara membuat Eco-Enzyme di rumah Jum'at, 21 Agustus 2020
Sekolah Penulis Selasa, 13 Oktober 2020
Event Terdekat

Tidak Ada Event Terdekat

Facebook

Twitter